Berita

Kadin: Tak Semua Dana di Luar Negeri Bisa Dibawa Kembali ke RI
15 July 2016 03:26
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan, para pengusaha akan terlibat dalam proses tax amnestydengan melaporkan harta mereka. Namun, belum tentu mereka bisa merepatriasi alias membawa kembali seluruh dana mereka di luar negeri.
 
Sebab, dana itu ada yang sudah digunakan untuk membeli properti atau sudah diinvestasikan di perusahaan.

“Kalau declare ya pasti declare tapi kalau diharapkan dananya balik ke sini itu mungkin nggak bisa semuanya ya. Karena banyak aset juga di sana, banyak untuk properti atau investasi dalam bentuk perusahaan di sana, dan lainnya. Diharapkan kembali dalam bentuk cash agak sulit,” tutur Rosan saat menghadiri acara open house Lebaran di rumah dinas Menko Perekonomian, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Kamis (7/7/2016).

Dia menambahkan, secara keseluruhan para pengusaha menyambut baik tarif tebusan yang ditetapkan pemerintah. Termasuk, tarif tebusan untuk wajib pajak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Tarif secara keseluruhan sudah baik, sudah acceptable oleh teman-teman pengusaha,” tutur Rosan.

Tarif tebusan tax amnesty besarnya bervariasi, mulai dari 2% hingga yang tertinggi sebesar 10%, tergantung pada kategori yang dipilih dan jangka waktu penyampaian laporan. Khusus untuk wajib pajak UMKM, besarnya tarif tebusan adalah 0,5% dan 2%.
 
 
 
 
sumber : detik.com

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Banten Indonesia. Designed by Webindo