Berita

Peringkat Logistik Turun, Kadin Sarankan Buat Program Prioritas
15 July 2016 03:30
Pelaku usaha menyarankan pemerintah menyusun program prioritas guna meningkatkan performa logistik Indonesia yang anjlok dari peringkat 53 ke posisi 63 versi Logistics Performance Index 2016.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Rantai Pasokan Rico Rustombi menyatakan penurunan Logistics Performance Index (LPI) 2016 yang dirilis Bank Dunia membuktikan paket kebijakan ekonomi pemerintah terkait dengan logistik belum ada manfaatnya.

“Apabila juru pelaksana atau aturan teknis tidak diimplementasikan ke bawah atau ke daerah, maka pemerintah harus fokus memperbaiki dengan tepat sasaran dan target pencapaian logistik yang ideal,” katanya kepada Bisnis, Rabu (13/7).

Sebenarnya, Rico menjelaskan pelaku usaha ingin bekerja sama dengan pemerintah untuk mensukseskan paket kebijakan ekonomi. Namun, dia menilai praktek di lapangan anggota Kadin atau para pelaku usaha masih terbentur ketidakjelasan aturan yang dibuat lintas sektor atau kementerian dan lembaga.

“Contoh kasus dwelling time sampai saat ini solusi yang dikeluarkan pemerintah tidak sama sekali mampu membuat biaya logistik kita turun dan bersaing,” paparnya.

Dia menjelaskan Kadin menerima banyak laporan dari pelaku usaha yang masih mengalami kesulitan di lapangan karena terlalu banyak aturan yang tidak menunjang percepatan penurunan waktu inap barang atau dwelling Time di pelabuhan.

“Terkesan pemerintah atau BUMN kuat sekali dengan ego sektoralnya dan seakan mengabaikan kesulitan kami pelaku usaha di lapangan," tegasnya.

Rico melanjutkan Kadin memiliki kepentingan membantu pemerintah menyusun solusi agar performa logistik di Indonesia semakin membaik. Menurutnya, pola koordinasi pemerintah dengan pelaku usaha kurang sinergis sehingga banyak hambatan yang dialami pelaku usaha untuk menjalankan usaha. Contoh yang paling konkret adalah pelarangan operasional angkutan barang selama lebih dari 10 hari pada periode angkutan Lebaran.

“Catatan kami bila pemerintah tidak segera membenahi kompleksitas ini, infrastruktur logistik serta peraturan dan ego sektoral kementerian atau lembaga teknis rasanya mimpi saja kalau performalogistik indonesia akan membaik,” tandasnya.


Dilansir dari Bisnis Indonesia dan kadin-indonesia.or.id

Galeri

Tidak Ada Galeri

Share to Facebook Share to Twitter Stumble It Email This More...

  Kembali         Cetak

© Copyright, 2010 - Kadin Banten Indonesia. Designed by Webindo